logo blog

Pengertian JavaScript Dan Fungsinya

Pengertian JavaScript Dan Fungsinya

Mengenal Tentang Apa Itu JavaScript Beserta Fungsinya.
Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman JavaScript

Halo sobat netters, pernah gak sobat mendengar tentang javaScript? Jika pernah, apakah sobat tau apa yang dimaksud javaScript itu? Jika sobat sudah tau dan mengerti serta paham tentang apa itu javaScript tolong dong dikoreksi tulisan ini udah bener apa belum sesuai dengan apa yang menjadi pemahaman sobat tentang apa itu JavaScript agar bisa lebih bermanfaat buat newbie seperti silva ini nantinya๐Ÿ˜Š. Silva ingin mempelajari tentang JavaScript agar semoga kedepannya silva mampu membuat sendiri Template yang SEO Friendly. Mohon do'anya ya sobat netters๐Ÿ˜Š.
Pengertian JavaScript.
Buat sobat netters yang belum mengerti aja ya, JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasa dipakai dalam sebuah blog atau website agar tampilannya menjadi lebih dinamis dan interaktif. Dalam sebuah web atau blog penggunaan JavaScript bersifat optional. Artinya, tanpa JavaScript pun sebuah web atau blog dapat ditampilkan sempurna dalam web browser. Namun untuk sekarang ini hampir semua web atau blog menggunakan jenis bahasa pemrograman ini. Hal tersebut dikarenakan web atau blog yang tidak menggunakan JavaScript memiliki tampilan yang monoton dan kurang menarik. Jadi intinya JavaScript biasanya digunakan untuk penghias tampilan sebuah web atau blog agar terlihat lebih menarik dan interaktif.
JavaScript merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat Client Side Programming Language, yaitu jenis bahasa pemrograman yang proses eksekusinya dijalankan oleh Client. Client yang dimaksud disini adalah aplikasi web browser seperti Crome, Firefox, Opera dan lain-lain. Kelebihan dari jenis pemrogaraman ini adalah respon yang diberikan lebih cepat karena proses eksekusinya dikakukan oleh web browser.
Fungsi JavaScript Dalam Dunia Web Atau Blog.
JavaScript pada awalnya diciptakan untuk membuat interaksi antara pengguna dan situs web bisa lebih cepat. Karena sebelum adanya JavaScript semua proses eksekusi kode program dilakukan oleh web server, sehingga ketika pengguna melakukan interaksi dengan situs web, informasi dikirim dahulu ke server kemudian diproses oleh server baru dikirimkan kembali ke web browser. Hal tersebut tentunya memakan waktu yang lebih lama dibandingkan jika pemrosesan dilakukan oleh web browser.
Sebagai contoh, ketika sobat mengisi sebuah formulir pendaftaran sebuah situs web, setelah sobat klik kirim, jika tanpa JavaScript sobat harus menunggu lama untuk mendapat respon dari web server tentang hasil proses pendaftaran yang sobat tulis dalam isian formulir yang sobat kirim. Apalagi jika dalam formulir tersebut terdapat kolom yang belum sobat isi. Tentunya hal tersebut cukup mengganggu jika harus menunggu lama hanya untuk mendapatkan sebuah pemberitahuan bahwa terdapat kolom yang belum sobat isi dalam formulir tersebut. Namun jika menggunakan JavaScript, untuk memeriksa apakah ada kolom yang belum diisi dalam sebuah formulir dilakukan oleh browser. Sehingga proses akan lebih cepat tentunya.
Seiring dengan berkembangnya jaman, sekarang ini penggunaan JavaScript tidak hanya terbatas pada pengisian formulir saja, melainkan digunakan untuk membuat halaman interaktif lainnya dengan pengguna seperti efek animasi, game browser, aplikasi chatting dan lain-lain untuk mempercantik halaman sebuah web atau blog. Namun buat sobat pemilik web atau blog, jangan terlalu bergantung pada JavaScript untuk menampilkan halaman blog sobat. Karena selain memiliki kelebihan, JavaScript tentu juga memiliki kekurangan, salah satunya yaitu karena sifatnya yang Client Side, maka yang menentukan akan berjalan atau tidaknya tergantung keputusan dari pemakai. Apalagi setahu silva, semua web browser yang ada sekarang ini, mengijinkan pemakainya untuk dapat mematikan atau memodifikasi JavaScript yang ada disebuah web atau blog. Jadi jika blog sobat sebagian besar dirancang menggunakan JavaScript, ketika ditayangkan di web browser yang dukungan JavaScriptnya dimatikan maka tampilannya akan amburadul gak karuan deh.
Kayaknya segitu dulu deh tulisan silva tentang pengenalan JavaScript kali ini. Lain kali akan silva lanjutkan tentang sejarah dan perkembangan JavaScript jika silva ada waktu. Sekian dulu dari silva, kurang dan salahnya silva mohon maaf. Kalau berkenan mengoreksi kesalahan tolong diberitahukan lewat kolom komentar. Terimakasih dan semoga bermanfaat... Salam...๐Ÿ˜Š

Share this:

Masukan Email kamu untuk mendapatkan cerita terbaru Silva Blog.
Next
This Is The Current Newest Page
Previous
Previous Post »

No comments

Klik smile untuk melihat kode emoticon