logo blog

Apakah Itu Bounce Rate Blog?

Apakah Itu Bounce Rate Blog?

Apa itu Bounce Rate pada Blog dan apa pengaruhnya untuk kesehatan sebuah blog?
Bounce Rate Silva Blog
Hai sobat netters, jumpa lagi dengan tulisan silva yang sedikit ngawur tapi semoga dapat menghibur dan berguna untuk sobat semua 😁. Jika kemarin silva nulis soal cara melihat tampilan blog di mesin pencari, kali ini silva akan mencoba buat berbagi tentang apa itu bounce rate pada blog?
Bounce rate adalah persentase jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan blog sobat setelah membuka sebuah halaman. Banyak para blogger yang mengabaikan nilai bounce rate blog mereka. Padahal dengan melihat nilai bounce rate ini kita bisa memperkirakan apa yang kurang dari blog kita.

Bagaimana Cara Menghitung Bounce Rate Blog?
Bounce rate dihitung berdasarkkan jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan blog kita dengan jumlah total kunjungan blog kita. Contohnya jika blog sobat memiliki total kunjungan 10.000 per harinya, sedangkan jumlah pengunjung yang hanya melihat satu halaman lalu meninggalkan blog sobat ada 2000, maka cara hitungannya adalah 2000 dibagi 10.000 dikali 100% (2000/10000x100%) maka hasilnya adalah 20%. Itu berarti nilai bounce rate blog sobat adalah 20%. Namun sobat tidak perlu susah payah untuk menghitungnya sendiri. Banyak cara yang bisa sobat netters pakai untuk melihat bounce rate dari blog sobat. Salah satunya melalui tool milik google yaitu google analytics yang pernah silva bahas di blog ini sebelumnya. Di situ banyak sekali informasi yang bisa kita gali terkait dengan kesehatan blog kita. Selain google analytics, sobat juga bisa melihatnya lewat situs alexa.com atau sejenisnya.

Apakah Hubungan Bounce Rate Dengan Kesehatan Blog.
Hal itu tergantung dari tujuan utama sobat membuat blog. Karena topik yang sobat pilih sebagai isi blog sobat juga turut berpengaruh terhadap nilai bounce rate ini. Sebagai contoh, jika blog sobat memiliki topik tentang tutorial memperbaiki ponsel, maka kemungkinan nilai dari bounce rate blog sobat naik semakin besar. Alasannya karena tujuan pengunjung cuma memperbaiki ponselnya. Jadi setelah berhasil maka mereka akan meninggalkan blog sobat. Berbeda halnya jika blog sobat tentang sebuah cerita bersambung, maka seharusnya nilai bounce rate blog sobat harus mengecil. Namun apapun topik yang sobat pakai dalam blog sobat, jika nilai bounce rate nya semakin kecil itu semakin bagus.

Apa Yang Menyebabkan Bounce Rate Naik?
Ada banyak penyebab naiknya nilai bounce rate pada blog sobat. Contohnya :
  • Iklan : iklan merupakan salah satu penyebab naiknya bounce rate. Alasannya adalah jika pengunjung blog sobat klik sebuah iklan, maka secara otomatis akan meninggalkan blog sobat kan?
  • Tautan Link Eksternal : sebuah link yang menuju halaman web lain seperti link download akan menyebabkan naiknya nilai bounce rate blog sobat.
  • Loading Blog Sobat Lama : loading atau pemuatan blog sobat yang terlalu lama dapat memperbesar kemungkinan pengunjung membatalkan kunjungan sebelum blog tampil seutuhnya.
  • Isi Blog Kurang Menarik : selain kurang menarik, kemungkinan juga apa yang pengunjung cari tidak di temukan dalam blog sobat.
  • Artikel Blog Sedikit : jika halaman pada blog sobat sedikit tentunya memperbesar kemungkinan pengunjung akan langsung meninggalkan blog sobat. Karena mereka tidak memiliki banyak pilihan yang dapat mereka baca selanjutnya.
  • Dan lainnya.
Bagaimana Cara Memperkecil Bounce Rate Blog?
Untuk memperkecil nilai bounce rate pada blog sobat sebenarnya susah-susah gampang. Tergantung dari topik blog sobat seperti yang udah silva katakan di atas tentunya. Untuk memperkecil bounce rate beberapa cara yang bisa sobat pakai antara lain :
  • Membuat Related Post.
  • Perbanyak Artikel Bermutu.
  • Usahakan Artikel Berkaitan Satu Sama Lain.
  • Perbanyak Tautan Link Internal.
  • Percepat Pemuatan atau Loading Blog.
  • Pakai Template Blog Yang SEO Friendly.
  • Dll.
Dari apa yang silva tulis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin kecil bounce rate pada blog itu semakin baik. Namun patokan nilai ideal untuk bounce rate ini masih tergantung dari topik yang sobat netters pakai untuk tulisan di blog sobat. Jadi yang perlu di perhatikan disini adalah, jika topik yang sobat pakai memungkinkan untuk memiliki bounce rate kecil, namun nilai yang tertera untuk blog sobat besar, itu berarti ada masalah yang perlu sobat perbaiki pada blog sobat. Seperti blog silva ini, jika blog silva ini di kerjakan dengan benar, seharusnya bisa memiliki bounce rate yang kecil. Hal itu karena topik tulisan yang silva pakai dapat saling berhubungan dan tidak harus menyertakan tautan link eksternal tentunya. Namun berhubung blog ini masih kecil dan belum memiliki bantak tulisan, jadi ya begitulah, bounce rate nya masih jeblog seperti yang bisa sobat netters lihat di gambar di atas 😁.
Kayaknya segini dulu tulisan dari silva kali ini. Akan silva lanjut lagi lain waktu dengan tulisan yang (mudah-mudahan 😊) lebih menarik dan bermanfaat lagi untuk kita semua ya sobat netter. Kurang dan salahnya silva mohon maaf... Salam...

Share this:

Masukan Email kamu untuk mendapatkan cerita terbaru Silva Blog.

No comments

Klik smile untuk melihat kode emoticon