logo blog

Mengirim Sitemap atau Peta Situs ke Google

Mengirim Sitemap atau Peta Situs ke Google

Cara Mengirim Sitemap atau Peta Situs ke Google Webmaster Tool.
Hallo sobat netters, setelah kemarin silva cerita soal apa itu sitemap atau peta situs, kali ini silva akan mencoba berbagi tutorial tentang cara mengirim sitemap atau peta situs ke google. Kenapa silva menyebut spesifik kata google, karena selain google masih ada mesin pencari atau search engine lain seperti Bing, Yahoo Search, dll.
Seperti yang kita tahu sobat netters, mbah google merupakan search engine terbesar saat ini, dan 99% pengguna internet pasti pernah mengajukan pertanyaan sama mbag google ini. Oleh karena itu silva pertama kali kirim sitemap atau peta situs ya ke mbah google dulu, baru yang lain menyusul. Maafin silva ya eang yahoo karena menjadikanmu yang kedua 😁.
Oke silva gak akan berpanjang lebar lagi (kata komeng kalau kepanjangan kasian istrinya sedangkan kalau kelebaran kasian suaminya 😅), silva akan langsung aja ngejelasin cara buat ngirim sitemap atau peta situs ke mbah google.

  1. Berhubung kita tidak bisa mengirimkan sitemap nya lewat pak pos atau ekspedisi, langsung aja deh datengin bengkel mbah google yang ber-alamat di http://www.google.com/webmasters/tools .

    Atau kalau sobat netter sedang berada di beranda blogger, langsung aja klik menu buka search console.
  2. Daftarkan dulu alamat atau url blog sobat netters. Tapi kalau sobat netter udah pernah daftar ke google analytics, sobat bisa lewati langkah ini dengan klik masuk atau sigh in dengan menggunakan akun google analytics sobat.
  3. Cara mendaftar di google webmaster tool adalah: Masuk menggunakan akun gmail sobat. Setelah dipersilahkan masuk, klik Tambahkan Situs dan isi dengan alamat blog sobat lalu klik Kirim. Dari situ sobat akan dibawa kesebuah halaman yang meminta verifikasi kepemilikan atas blog yang sobat masukan tadi. Pilih cara verifikasi yang paling mudah aja. Pilih metode alternatif, klik Tag html kemudian kopi kode html yang diberikan dan pastekan di bawah kode <head> template blog sobat lalu klik verifikasi.
  4. Setelah sobat berhasil memverifikasi kepemilikan blog sobat, klik lanjutkan, maka akan tampak seperti gambar dibawah ini.
  5. Klik alamat blog sobat yang tampil disitu, lalu dibagian menu sebelah kiri klik Perayapan lalu Peta Situs.
  6. Di halaman Peta Situs, klik Tambahkan/Uji Peta Situs yang ada disebelah kanan atas.
  7. Isi kolom yang tersedia dengan sitemap.xml lalu kirim. Selain sitemap.xml bisa juga diisi dengan atom.xml atau atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 atau rss.xml 
Bagaimana sobat netters, pusing gak dengan penjelasan silva diatas tentang cara mengirimkan atau submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tool. Kalau sobat pusing berarti selamat, sobat normal, kalau gak pusing berarti sobat jenius 😁.
Oke sepertinya sampai disini dulu tulisan dari silva tentang cara mengirim peta situs ke google nya. Lain waktu akan silva lanjut lagi dengan cara mengirim sitemap atau peta situs ke yahoo search dan bing. Semoga tulisan kali ini bermanfaat.. Salam...

Share this:

Masukan Email kamu untuk mendapatkan cerita terbaru Silva Blog.

No comments

Klik smile untuk melihat kode emoticon