logo blog

Cara Mengirim Sitemap ke Bing dan Yahoo

Cara Mengirim Sitemap ke Bing dan Yahoo

Sitemap Atau Peta Situs
Cara Mengirim Sitemap atau Peta Situs ke Mesin Pencari Bing dan Yahoo. Hallow sobat netters, jika sobat netters udah membaca uraian silva soal Apa Itu Sitemap atau Peta Situs, pada kesempatan kali ini silva akan membagikan cara mengirim sitemap atau peta situs ke Bing Search dan Yahoo Search. Jika sobat netters mengikuti terus perkembangan blog ini, silva juga udah ngebagiin cara buat mengirim sitemap atau peta situs ke google search kemarin.
Sebelum silva ngejelasin caranya mengirim sitemap atau peta situs ke bing dan yahoo, ada yang perlu sobat ketahui tentang kedua search engine ini. Tidak seperti mbah google yang berdiri sendiri dengan satu webmaster yaitu google webmasters, eang yahoo dan pakdhe bing ini saling berbagi di satu webmaster yaitu bing webmasters. Oleh karena itu silva gak menjelaskan cara mengirim sitemap atau peta situs ke mereka secara terpisah, lha wong jadi satu kok. Entah apapun alasan mereka bisa akur dan bersatu begitu hanya tuhan dan mereka yang tau😁.
Karena eang yahoo dan pakdhe bing menggunakan satu webmaster yang sama, tentu ini menjadi sebuah keuntungan buat kita dong sobat netters. Kenapa? Soalnya kita hanya perlu sekali mengirim sitemap atau peta situs, maka secara otomatis situs atau blog kita udah dikenal oleh dua mesin pencari atau search engine kelas dunia sekaligus. Karena selain mbah google yang merajai dunia mesin pencari, eang yahoo dan pakdhe bing ini menempati posisi kedua dan ketiga situs mesin pencari yang paling banyak digunakan didunia (menurut penilaian silva lho ya ini😁).
Jika sobat netters sudah siap, sekarang silva akan mulai ngejelasin cara buat mengirim sitemap atau peta situs ke bing webmasters (bing dan yahoo). Caranya kurang lebih sebagai berikut :

  1. Datengin dulu tempatnya pakdhe bing webmaster yang beralamat disini.
  2. Klik Sign up with microsoft account lalu isi semua data yang diperluin seperti cara mendaftar pada umumnya.
    Bing Webmasters Tools
  3. Jika sudah punya akun Microsoft klik Sign in, lalu masukan email dan sandi akun microsoft sobat.
  4. Setelah masuk keberanda bing webmasters tools, masukkan alamat atau link blog sobat netters di kolom Add a Site yang berada dibawah tulisan My Sites, kemudian klik ADD.
    Add site bing webmaster
  5. Masukan kembali alamat blog atau situs sobat di kolom sebelah atas dan kolom bawahnya alamat situs beserta sitemapnya seperti contoh gambar dibawah ini.
    Mengirim sitemap ke bing dan yahoo
  6. Klik Add, setelah itu sobat diminta untuk verifikasi kepemilikan blog yang sobat masukan, contoh disini silva menggunakan cara no.2 (dua). Copy script verifikasinya lalu pastekan di template (dasbord>template>edit HTML) sobat dibawah kode <head> , setelah itu kembali ke bing webmasters tools halaman verifikasi lalu klik VERIFY yang ada disebelah kiri bawah.
Setelah langkah verifikasi berhasil berarti sobat netters udah sukses mengirimkan sitemap atau peta situs ke pakdhe bing dan eang yahoo. Sekarang sobat hanya perlu menunggu proses pengindeks'an sitemap sobat. Soal berapa lamanya sitemap akan di indeks silva juga gak tau persis sobat netters😁. Yang terpenting kan eang yahoo dan pakdhe bing sekarang udah tau keberadaan blog kita.
Oke sobat netters, sepertinya segitu dulu dari silva kali ini. Salah dan kurangnya silva minta maaf, yang berkenan monggo di share jika dirasa bermanfaat. Atau paling gak tulisan ini dikasih g+ aja silva udah seneng😁. Semangat ngeblog sobat netters.. Salam...

Share this:

Masukan Email kamu untuk mendapatkan cerita terbaru Silva Blog.

No comments

Klik smile untuk melihat kode emoticon