logo blog

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cata Mendapatkan Backlink Berkualitas
Halow sobat netters, setelah kemarin silva udah berusaha buat ngejelasin apa itu yang dimaksud dengan Backlink, kali ini silva akan berbagi tentang bagaimana cara mendapatkannya. Dikarenakan menurut info yang silva dapat tentang pentingnya sebuah backlink untuk tumbuh kembang sebuah blog, membuat silva terobsesi mempelajari bagaimana cara untuk mendapatkan backlink berkualitas. Dan karena obsesi silva tadi menjadikan silva jadi maniak membaca (salah satu motivasi silva ngeblog 😁). Tidak hanya dari info lokal saja yang silva pelajari, bahkan dari web berbahasa inggris pun silva jabanin (gak bisa bahasa inggris masih ada google translate😜). Dan dari situ silva mendapat banyak sekali pelajaran tentang bagaimana cara ngeblog yang baik dan benar. Salah satunya ya untuk mendapatkan backlink ini.
Karena backlink merupakan salah satu dari teknik SEO, jadi kita tidak bisa sembarangan untuk mendapatkannya. Ditambah lagi setelah silva membaca tulisan dari om Matt Cutts yang menjelaskan bagaimana sistem mbah google dalam menyeleksi backlink pada sebuah blog atau website disini, membuat silva jauh berhati-hati untuk masalah mencari backlink.
Siapa itu om Matt Cutts? Kok bisa sampai membuat silva yang ceroboh jadi percaya dan berhati-hati dalam membuat ssbuah blog? Beberapa tahun yang lalu om Matt Cutts merupakan kepala tim Webspam Google (entah kalau sekarang, masih di google atau gak silva gak tau 😁). Untuk lebih jelasnya tentang om Matt Cutts bisa sobat baca disini.
Menurut penuturan om Matt Cutts yang silva baca, memang benar kalau backlink bisa mempengaruhi search indeks sebuah mesin pencari, sehingga mampu mendatangkan lebih banyak pengunjung untuk sebuah blog atau website. Tapi dengan satu catatan, backlink tersebut harus berkualitas. Jika dulu semakin banyak backlink (tidak perduli berkualitas atau tidak) semakin baik, berbeda dengan sekarang dimana kualitas dari backlink juga menjadi tolak ukur dalam peng-indeks-an. Hal itu dikarenakan sistem kerja dari mesin pencari sudah semakin canggih, mereka mampu menyeleksi dan menilai apakah sebuah backlink itu berkualitas atau tidak sobat netters. Jika di ibaratkan 1(satu) backlink berkualitas itu lebih baik daripada 1000(seribu) backlink abal-abal.
Selain daripada manfaat yang diberikan oleh sebuah backlink, jika kita sembarangan dalam mendapatkan backlink bisa membuat blog atau website kita dihapus dari data pencarian mesin pencari atau istilahnya di banned. Kenapa? Karena jika backlink didapat dengan sembarangan dari web atau blog yang tidak jelas, membuat sistem mesin pencari akan menganggap itu sebagai spam. Dan hasil dari backlink itu bukanlah ledakan pengunjung, melainkan blog atau web tersebut akan dibanned dari mesin pencari dan tidak akan mendapatkan kunjugan dari pencarian. Sedangkan kita tau kan sobat netters, sumber utama pengunjung sebuah blog adalah dari mesin pencari, kalau udah dibanned kan sama aja kalau blog atau web itu sudah mati 😱. Karena itulah sekarang silva jadi lebih hati-hati buat ngebesarin blog ini sobat netters 😊.
Setelah membaca penjelasan silva diatas, tentunya sobat netters gak mau kan kalau blog atau web sobat di banned sama mesin pencari? Jadi mulai sekarang kita kudu hati-hati dalam menerapkan teknik SEO untuk membesarkan blog kita, terutama soal backlink ini.
Jika segitu menakutkannya hukuman yang didapat dari adanya backlink abal-abal, terus bagaimana dong cara yang aman buat bisa mendapatkan backlink berkualitas?
Kalau menurut silva nih sobat netters, cara yang paling aman untuk mendapatkan backlink adalah dengan membuat artikel yang bermanfaat dan memiliki banyak peminat. Setelah itu kita tinggal berharap ada orang atau pemilik blog yang mencantumkan link blog kita di blog milik mereka karena menganggap tulisan di blog kita menarik atau bermanfaat. Karena kalau silva pikir-pikir nih sobat netters, backlink itu cara kerjanya seperti rekomendasi. Mungkin karena itu pula sebuah backlink bisa mempengaruhi search indeks mesin pencari. Jadi semakin banyak orang yang merekomendasikan (mencantumkan link) blog atau web kita nih sobat netters, maka semakin baik pula reputasi blog kita di mesin pencari. Sehingga menjadi poin tambahan buat blog kita bisa muncul di halamat utama mesin pencari.
Nah sobat netters, kalau benar apa yang silva pikirin soal backlink yang merupakan rekomendasi, satu-satunya cara untuk mendapatkan backlink berkualitas ya cuma dengan sebuah tulisan atau artikel yang benar-benar berkualitas. Karena tanpa itu tidak mungkin orang lain akan merekomendasikan blog atau web kita untuk dibagikan kepada pembaca, betul gak sobat netters? Jadi intinya nih sobat netters, menurut silva untuk mendapatkan backlink berkualitas ya hanya dengan artikel berkualitas juga. Gak ada cara yang lain. Sedangkan jika backlink itu bukan rekomendasi, berarti kita bukan mendapatkan, melainkan membangun 😁. Karena asas rekomendasi itu adalah sukarela dan ikhlas kan sobat netters.
Sepertinya segini aja nih tulisan silva tentang cara mendapatkan backlink berkualitas. Percaya tidaknya silva serahkan sama sobat netters aja. Karena disini silva juga tidak bisa memberikan bukti apa yang silva tulis, semua murni hanya pendapat yang silva dapat dari hasil apa yang silva pelajari. Jadi kurang dan salahnya silva mohon maaf. Bermanfaat atau tidak (ya silva harap sih bermanfaat) hanya sobat netters yang bisa menilai. Layak tidaknya tulisan ini untuk dibagikan juga semua sobat netters yang berhak menentukan. Salam sobat netters.. Sampai jumpa di tulisan silva berikutnya.. 😊

Share this:

Masukan Email kamu untuk mendapatkan cerita terbaru Silva Blog.

No comments

Klik smile untuk melihat kode emoticon