logo blog

Apa Itu Sitemap Atau Peta Situs?

Apa Itu Sitemap Atau Peta Situs?


Hoi sobat netters, apa kabar hari ini? Baik dong tentunya 😊. Di kesempatan kali ini silva mau berbagi cerita tentang apa itu Sitemap atau Peta Situs sobat netters. Peta Situs lho ya bukan peta harta karun atau peta sahabat Dora😁. Ini masih ada hubungannya sama cerita silva yang sebelumnya tentang Apa Itu SEO. Pemahaman tentang Sitemap atau Peta Situs ini juga masih termasuk dalam jalur perjalanan silva membesarkan blog ini lho sobat netters. Jadi penjelasan dalam cerita kali ini juga hanya sebatas pengetahuan silva aja ya sobat netters. Silva minta maaf sebelumnya kalau nantinya masih banyak salah atau kurangnya 😊.
Oke, gak perlu berlama-lama lagi silva akan mulai jelasin apa itu Sitemap atau Peta Situs. Menurut definisi silva nih sobat netters, Sitemap adalah sebuah ringkasan data yang menjelaskan segala sesuatu mengenai sebuah blog atau website. Kalau penjelasan gampangnya tu seperti sebuah surat lamaran kerja. Sitemap biasanya digunakan oleh para webmaster untuk memperkenalkan sebuah blog atau website baru kepada mesin pencari sobat netters. Dengan begitu nantinya mesin pencari atau yang nama lainnya Search Engine akan lebih mudah mempelajari segala informasi tentang blog atau website tersebut sobat netters.
Kalau Search Engine atau Mesin pencari di ibaratkan seorang lurah atau kepala daerah aja nih sobat netters, akan butuh waktu lama buat mengenal seorang bayi yang baru lahir. Padahal itu saja baru dalam lingkup sebuah daerah. Sedangkan Search Engine atau Mesin Pencari sendiri mencakup seluruh dunia lho sobat netters. Tapi dengan kita mengirimkan data lengkap mengenai sebuah bayi tersebut, maka pak lurah pun akan tau kalau di daerahnya baru aja ada penduduk baru yang baru lahir. Begitupun mesin pencari, dia akan lama sekali mengenal blog kita kalau kita tidak mengenalkannya sendiri kepada mesin pencari tersebut. Ya meski belum dianggep juga sih kalau blognya sendiri masih bayi, tapi kan setidaknya si mesin pencari akan mengikuti perkembangan blog kita sobat netters. Jadi jika nantinya ada yang mencari dengan ciri-ciri atau kata kunci yang sama atau mirip dengan data blog kita, maka mesin pencari akan mengikut sertakan blog kita untuk ditampilkan sebagai pilihan oleh si pencari tersebut.
Sampai disini adakah diantara sobat netters yang udah pusing dengan penjelasan silva? Kalau ada berarti wajar, soalnya silva sendiri juga pusing nulisnya πŸ˜„. Tapi kalau belum pusing berarti sobat netters termasuk orang yang strong bin kuat 😁.
Jadi intinya nih sobat netters, Sitemap atau Peta Situs itu adalah serangkaian ringkasan sebuah data yang berfungsi menjelaskan secara keseluruhan mengenai sebuah blog atau website kepada mesin pencari. Untuk itu kita kudu mengirimkan peta situs atau sitemap tentang blog kita ke mesin pencari sobat netters. Berhubung langkah mengirimkan sitemap atau peta situs ke mesin pencari dapat mempengaruhi kecepatan peng-indeks-an sebuah mesin pencari secara gratis terhadap sebuah blog atau website, jadi langkah ini bisa dikategorikan sebagai teknik SEO sesuai dengan apa yang silva jelasin di cerita silva yang sebelumnya tentang apa itu SEO sobat netters.
Sampai disini saja silva udah dapat 2 pelajaran tentang teknik SEO. Yang pertama adalah memakai template blog yang SEO Friendly, dan yang ke-2 mengirimkan Sitemap atau Peta Situs ke mesin pencari. Sedangkan cara untuk memgirimkan Sitemap atau Peta Situs ke mesin pencari, akan silva jelaskan tersendiri di tulisan silva selanjutnya.
Oke sobat netters, kayaknya cukup segitu aja cerita silva tentang apa itu Sitemap atau Peta Situs. Salah kurangnya sekali lagi silva mohon maaf, syukur2 ada yang mau merevisi agar nantinya bisa bermanfaat buat sobat netters yang lain yang berminat membangun sebuah blog dari 0 (belum mengerti apa2 tentang seluk-beluk blog) seperti silva. Sampai ketemu lagi di tulisan silva selanjutnya sobat netters, salam...😊

Share this:

Masukan Email kamu untuk mendapatkan cerita terbaru Silva Blog.

No comments

Klik smile untuk melihat kode emoticon